5 Film Tentang Pembuatan Film Wajib Ditonton!



Seperti sebuah kisah orang sukses yang kadang perjalanan hidupnya difilmkan atau ditulis dalam buku supaya orang yang menonton atau membacanya bisa melihat betapa kerasnya orang tersebut dalam mendapatkan kesuksesan yang diinginkan, dan selain menjadi motivasi tersendiri bisa juga menjadi pedoman bagi orang lain untuk menjadi seperti sang tokoh yang difilmkan tersebut.
Nah tidak hanya seorang pebisnis yang butuh sebuah motivasi, sang calon produser film atau sutradara film seperti kita juga membutuhkan yang namanya motivasi hidup supaya bisa meraih cita cita kalian. Disini saya ingin menshare beberapa film yang diangkat dari beberapa kisah hidup para filmmaker dijadikan drama dan film dokumenter. 10 Film terbaik tentang filmmaking dari berbagai genre, dari drama, biopik, dokumenter sampai komedi. 
Semoga menjadi bisa nambah inspirasi dan motivasi buat agan-agan dalam berkarya!
Cekidot!

1. Ed Wood / Youtube



Kritikus film mengatakan Ed Wood adalah sutradara terburuk dalam sejarah film. Namun Tim Burton membuat kisah inspirasional tentang seorang sutradara selalu tersenyum dan tidak pernah menyerah walaupun dikata-katain orang-orang disekelilingnya

Yang jadi Ed Wood? Siapa lagi kalau bukan langganannya Tim Burton, Johnny Depp ! Kalau kamu  merasa down ketika film kamu  mendapat kritik, nonton film ini. Film ini mengajari kamu untuk selalu merasa bersyukur dan tetap semangat dalam berkarya. Seperti yang Ed Wood katakan, "My next one gonna be better".

2. La Nuit Americaine / Day For Night



film ini menggunakan bahasa perancis, jadi saat kamu menonton film ini jangan lupa untuk mengunduh subtitlenya juga.  Karya sutradara Francois Truffaut ini menceritakan dinamika pembuatan film dan berbagai drama di dalamnya. Bikin film itu memang gak semudah, tapi tidak ada perasaan yang lebih melegakan ketika selesai shooting. Wajib tonton nih film!

3. The Player



Nah yang satu  ini agak beda, film satir ini bercerita tentang seorang eksekutif studio Hollywood dan orang - orang rakus yang mengelilinginya. Film ini terkenal dengan opening shotnya (7 menit 47 detik tanpa dicut!) Kalau kamu penasaran bagaimana sistem Hollywood bekerja, naah coba tonton film ini!

4. Chaplin



kamu pasti pernah denger yang namanya Charlie Chaplin. Si kumis dengan topi bundar yang menjadi ikon film lawak di era film hitam putih. Kalau  tidak pun kamu masih bisa melihat kekonyolanya di animasinya. Tapi kamu tau tidak bahwa dia sudah bermain di teater sejak umur 14 tahun dan merupakan seorang sutradara dengan karir lebih dari 4 dekade  

5. :Hearts of Darkness: A Filmmaker's Apocalypse       



Beberapa tahun setelah The Godfather, sutradara Francis Ford Coppola terbang menuju hutan Filipina untuk shooting salah satu film dengan proses shooting terberat sepanjang masa, Apocalypse Now.

Dari badai typhoon yang menunda proses shooting, pemain utama yang terkena serangan jantung, aktor legendaris Marlon Brando (si Don Corleone di film The Godfather) yang ogah - ogahan, hingga proses editing yang memakan waktu bertahun - tahun, Coppola membutuhkan waktu sekitar 3 tahun dan uang dari kantong pribadi untuk menyelesaikan film Apocalypse Now. 

Istri Coppola, Eleanor Coppola merekam proses pembuatan film Apocalypse Now  dan merangkumnya menjadi salah satu film dokumenter terbaik tentang pembuatan film.


Seorang tokoh yang hebat tidaklah diraih secara instan, butuh perjuangan dan usaha yang teramat amat berat supaya mereka bisa meraih sesuatu yang bernama kesuksesan. Seperti kata pepatah, inti dari suatu perjuangan bukanlah hasilnya, tapi sebuah perjalanan supaya bisa meraih hasil tersebut.

sumber : Kaskus

0 komentar:

Posting Komentar